Mau Genset Awet, Jangan Ragu Lakukan 4 Hal Ini

Sebenarnya awet tidaknya mesin generator set itu tergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh para penggunanya. Apabila genset murah dirawat dengan baik dan digunakan sesuai dengan prosedur yang benar maka akan membuatnya menjadi lebih awet hingga bertahun-tahun lamanya. Oleh karenanya diperlukan berbagai macam treatment seperti berikut ini yaitu :
1. Rutin memeriksa sistem pembuangan pada genset
Pemeriksaan sistem pada genset murah dapat dilakukan dengan cara memeriksa bagian knalpot dan asap yang dikeluarkan. Pastikan jumlah asap yang dikeluarkan tidak berlebihan karena dikhawatirkan ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor atau juga kualitas dari udara sehingga bisa mempercepat kemungkinan kerusakan. Apabila terjadi hal tersebut segera perbaiki.
2. Melakukan perawatan pada sistem pelumasan
Periksalah pada tingkatan level oli mesin saat dimatikan pada interval tertentu. Jagalah level oli pada genset murah sedekat mungkin dalam keadaan full. Matikanlah mesin dan tunggulah hingga kurang lebih 10 menit untuk bisa membaca bagaimana kondisinya dengan akurat. Ini bertujuan untuk bisa memastikan bahwa oli pada bagian atas mesin genset bisa mengalir ke dalam dengan baik. Selain itu juga untuk menghindari kerusakan lingkungan, oli dan juga adanya filter bekas baru yang dibuang.

3. Perawatan sistem pendingin genset
Perawatan sistem pendingin pada genset murah harus benar-benar dilakukan dengan sangat hati-hati. Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada bagian sirip pendingin. Anda bisa menggunakan konferensi udara bertekanan rendah atau dengan cara mengalirkan air ke arah yang berlawanan dari aliran normal radiator untuk membersihkan bagian tersebut. Perawatan ini dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin yang terdapat di dalam genset.
4. Mengganti sparepart secara berkala
Pergantian sparepart pada genset murah menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan apabila genset tersebut sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Anda bisa melihat buku panduan untuk mengetahui apakah komponen genset tersebut harus diperbaiki dan kapan waktu untuk melakukan pergantian. Anda juga dapat langsung mendatangi perusahaan tempat Anda membeli genset tersebut untuk melakukan pengecekan mesin.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *