Cara Kerja Panel AMF ATS untuk Mengontrol Listrik

Panel AMF ATS adalah panel control listrik yang mempunyai fungsi untuk mengontrol sumber daya listrik yang biasanya digunakan untuk mengaliri listrik pada peralatan mesin. Panel AMF ATS mempunyai dua jenis yaitu jenis manual dan otomatis. Jenis manual biasa digunakan untuk proses inisiasi listrik. Sedangkan untuk jenis otomatis digunakan pada saat mengontrol listrik dan mendeteksi apakah terjadi gangguan pada listrik. Panel ini yang mempunyai fungsi untuk menjaga mesin di pabrik agar tidak mati secara mendadak. Dengan adanya panel AMF dan ATS, maka sumber arus listrik dari sumber utama dan sumber cadangan dapat terjaga dengan stabil.

Bagaimana cara kerja panel AMF ATS ? Panel ini mempunyai kontaktor yang berfungsi untuk membuka dan menutup jalur listrik dari sumber utama dan sumber cadangan yaitu genset. Panel ini juga mempunyai rangkaian pengukur dimana fungsi dari rangkaian tersebut akan mendeteksi tegangan listrik dari sumber listrik utama dan cadangan. Terdapat pula rangkaian suplai baterai dimana rangkaian ini berfungsi untuk sumber listrik pada kontaktor yang digunakan panel. Rangkaian baterai akan melakukan pertukran sumber daya listrik secara manual. Anda bisa memilih sumber daya dari sumber listrik utama maupun genset.

Fungsi manual yang ada pada panel AMF ATS adalah pada inisiasi awal untuk fungsi yang hendak dipilih. Misalnya Anda akan menggunakan kontaktor, maka fungsi manual ini akan menginisiasikan fungsi kontaktor agar bisa digunakan dengan baik. Fungsi otomatis digunakan pada mekanisme transfer. Namun jika terjadi gangguan pada mekanisme ini, maka fungsi manual dapat digunakan sehingga tidak bermasalah lagi. Namun untuk fungsi manual hanya boleh menggunakan satu sumber listrik saja, tidak boleh dua sumber (sumber utama dan sumber cadangan). Sedangkan fungsi otomatis pada panel ini bertujuan untuk memonitor, mengontrol, mendeteksi, dan melindungi aliran listrik secara otomatis. Panel akan deprogram terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan sumber yang tersedia, panel AMF ATS akan mengambil tindakan yang sesuai dengan program untuk melakukan fungsi panel pada umumnya. Tentunya menggunakan fungsi otomatis akan lebih mudah bagi orang awan.