Kegunaan Panel ATS AMF untuk Kebutuhan Industri

Panel ATS AMF berkaitan erat dengan keberadaan sebuah genset. Ini merupakan suatu terobosan terkini untuk kebutuhan rumah tangga, hingga kebutuhan kelas atas seperti industri yang besar. Dengan genset yang dipasangkan instalasi panel ini, maka apabila terjadi mati lampu, secara cepat genset akan menyala, dan begitu pula begitu listrik sudah menyala kembali, maka genset akan mati secara otomatis.

Pemutusan listrik sendiri memang sudah maju, dan dapat diketahui jadwalnya sehingga Anda bisa melakukan antisipasi pada waktu yang sudah disebutkan. Ini biasanya terjadi saat

PLN tengah melakukan perbaikan sistem atau maintenance. Namun, terkadang pemutusan listrik bisa terjadi karena faktor eksternal seperti kecelakaan yang cukup besar, atau cuaca buruk layaknya badai. Ini mengapa, keberadaan panel ATS AMF sangat penting sekali untuk dipasangkan pada generator.

Lalu, sebenarnya bagaimana kegunaan dari panel ATS AMF ini? Kenapa banyak sekali industry besar memakai panelnya? Persis dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, panel ini memiliki kegunaan dasar sebagai sistem yang akan menyalakan genset secara otomatis. Ini tentunya sangat membantu, terlebih apabila industry tersebut bergerak di bidang yang wajib menggunakan listrik selama dua puluh empat jam penuh. Dengan menyalakan genset secara manual, tentunya akan membuang sekian waktu yang mungkin sudah bernilai kerugian yang cukup besar untuk perusahaan.

Lantas, bagaimana sebenarnya prosedur detail yang diusung oleh panel ATS AMF ini? Sebenarnya, ini merupakan gabungan dari panel yang berbeda, yaitu ATS dan AMF. Begitu arus listrik padam, maka AMF (Automatic Main Failure) yang dipasang pada genset secara otomatis akan menyalakan mesin generator. Pada tahap ini, genset sudah siap untuk menyalurkan listrik pada gedung. Tinggal menunggu tugas dari ATS.

Nah, untuk selanjutnya bagian dari ATS (Automatic Transfer Switch) yang bertugas untuk menyalurkan listrik tersebut ke gedung. Inilah kegunaan dari panel ATS AMF. Selain untuk menyalakan, begitu main electric source (Sumber listrik utama PLN) sudah menyala kembali, maka ATS akan memutuskan arus listrik secara otomatis juga, dan AMF akan mematikan genset. Ini merupakan sebuah kinerja yang efektif untuk para industri besar yang memerlukan kecepatan waktu dalam segala aspek.

Tagged : /

4 Merek Genset Untuk Rumah Terbaik

Saat ini sudah ada banyak merek mesin genset yang bisa ditemukan di pasaran. Setiap merek memiliki kelebihannya masing – masing. Karena kegunaannya yang cukup penting membuat pengguna genset tidak ingin membeli genset dengan sembarangan. Ada 4 merek genset untuk rumah terbaik yang bisa anda pilih.
1. Multipro
Multipro merupakan mesin genset 2 tak yang ditawarkan dengan harga murah. Walaupun harganya murah genset Multipro memiliki spesifikasi yang tidak main – main. Genset dari Multipro dijual dengan harga Rp. 1.400.00. Bahan bakar pada mesin genset ini berupa campuran bensin dan oli. Mesin genset ini membutuhkan kurang lebih 3 liter bensin setiap pemakaiannya.
2. Hargen
Genset untuk rumah dari merek Hargen ini juga bisa dijadikan pilihan yang tepat. Harga mesin genset ini lebih mahal dibandingkan mesin genset Multipro. Hargen portable genset 2500 watt dijual dengan harga Rp. 3.800.000. Keuntungan menggunakan mesin genset dari Hargen ini adalah suaranya yang tidak bising.
3. Aldo Gasoline
Aldo Gasoline cocok dijadikan genset untuk rumah tangga karena cukup praktis. Pengguna genset bisa mendapatkan genset bermerek Aldo dengan harga Rp. 2.200.000 saja. Aldo Gasoline ET 1500 ini menawarkan daya listrik kurang lebih 750 watt. Cocok untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.
4. Daimaru DM
Jika anda ingin mendapatkan mesin genset untuk rumah harga paling murah, anda bisa mencoba mesin genset bermerek Daimaru. Daimaru DM 1200 ditawarkan dengan harga Rp. 1.100.000. Pengguna genset Daimaru akan diuntungkan karena mesin genset ini hemat bahan bakar.
Itulah empat merek mesin genset terbaik untuk rumah tangga. Memilih mesin genset untuk rumah memang tidak boleh sembarangan. Memiliki genset dirumah akan meningkatkan usia alat elektronik yang anda di rumah. Kebiasaan listrik yang padam mampu membuat berbagai alat elektronik menjadi lebih cepat rusak. Selain empat merek mesin genset di atas, anda masih bisa menemukan beragam merek genset lainnya. Kehadiran mesin genset memberikan banyak keuntungan terutama untuk menunjang berbagai aktivitas rumah tangga.

Tagged : /

Takut Tertipu dengan Distributor Genset Palsu? Ketahui Cara Mengetahuinya

Genset merupakan salah satu perangkat pembangkit listrik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, sebagai cadangan ketika ada pemadaman atau sumber listrik di lokasi – lokasi yang kesulitan instalasi PLN.

Cara Mengetahui Distributor Genset Palsu
Mengingat fungsinya yang penting ini, membuat genset banyak dicari oleh pengguna rumahan, kantor, maupun industri. Jenisnya juga beragam sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin membeli alat ini tetapi takut tertipu dengan distributor genset palsu, simak cara mengetahuinya:
1. Pastikan Izin Usaha
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui distributor genset tersebut palsu atau tidak adalah memastikan izin usahanya. Jika tidak aktif atau bahkan tidak memiliki izin usaha maka konsumen perlu waspada. Selidiki dan identifikasi lebih lanjut supaya tidak kecewa pada akhirnya.
2. Pastikan Alamatnya Jelas dan Tidak Fiktif
Layanan jasa yang profesional dan terpercaya pasti memiliki kantor yang pasti, tidak terkecuali distributor genset. Jika lokasinya berada di tempat yang jelas maka bisa menjadi pertimbangan Anda. Sebaliknya, jika alamatnya saja tidak jelas konsumen harus lebih berhati – hati.
3. Telusuri Melalui Akun Media Sosial
Perkembangan zaman mempermudah Anda mengetahui distributor genset palsu atau asli. Konsumen dapat melihat sepak terjangnya melalui akun media sosial. Jika tampilannya profesional dan menarik dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih distributor.
4. Penawaran yang Terlalu Murah
Anda harus berhati – hati pada distributor yang menawarkan harga genset yang jauh lebih murah. Kemungkinan genset yang mereka jual palsu atau tidak sesuai merk yang ditawarkan dan kualitas yang dijanjikan.
5. Respon yang Lambat
Anda juga harus berhati – hati jika pelayanan dalam penjualan kurang ramah dan lambat. Jika service terhadap pelanggan saja sudah tidak menyenangkan, bisa dipastikan distributor tersebut kurang terpercaya bahkan palsu dan hanya mencari keuntungan.

Nah, beberapa cara di atas dapat digunakan untuk mengetahui distributor genset yang asli sehingga tidak perlu takut tertipu. Jika Anda tidak menginginkan hal buruk terjadi, maka cerdaslah dalam memilih supaya tidak keliru dalam memilih genset terbaik.

Tagged : /

Pemeliharaan dan Perawatan Panel ATS AMF

Perawatan dan Pemeliharaan
Dalam upaya penggunaan dan pemakaian panel ATS AMF maka yang harus diperhatikan adalah Pemeliharaan dan Perawatan guna menjaga panel tersebut. Adapun beberapa panduan yang berisikan informasi mengenai prosedur, inspeksi, operasi perawatan umum sakelar transfer manual dan otomatis. Sebelum melakukan pekerjaan apapun pada saklar transfer, pekerja hadus memiliki kualifikasi yang tepat untuk pekerjaan yang dilakukan.
Langkah pemeliharaan dan perawatan
Ada beberapa upaya dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan panel
1 Inspeksi Visual dan Mekanik untuk Transfer Switch
Periksa kondisi fisik dan mekanik saklar transfer, termasuk jangkar, pelurusan, dan izin yang diperlukan. Pemeriksaan umum integritas mekanik harus dilakukan untuk memeriksa bagian yang longgar, dan rusak. Saklar harus terhindar dan bebas dari kotoran dan harus bersih. Saat melakukan perawatan lakukan pengujian terlebih dahulu sebelum membersihkan unit.
2 Kontak Utama dan Koneksi Baut
Setiap endapan permukaan harus dihilangkan dengan lap atau kain bersih. Jika kontak dikenakan terlalu berlebihan maka harus diganti. Periksa sambungan listrik yang dibaut untuk resistansi tinggi menggunakan ohmmeter resistansi rendah, metode kunci pas torsi yang dikalibrasi, atau survei termografi.
3 Operasi Transfer Manual
Untuk tujuan operator maka handle operator disediakan dengan sakelar transfer. Masukkan handle pengoperasian manual dan operasikan sakelar transfer antara posisi normal dan darurat.
4 Tes Resistansi Isolasi
Dalam melakukan tes resistansi isolasi ini opsional terhadao semua kabel kontrol sehubungan dengan ground. Terapkan 500 volt dc untuk kabel pengenal 300 volt dan 1000 volt dc untuk kabel pengenal 600 volt selama satu menit.
5 Tes Transfer Otomatis
Adapula yang dilakukan dalam memelihara dan perawatan panel ATS AMF adalah dengan Melakukan Tes Transfer Otomatis yaitu dengan cara melakukan tes transfer otomatis, mensimulasikan hilangnya daya normal, kembali ke daya normal, mensimulasikan hilangnya daya darurat, simulasikan semua bentuk kondisi fase tunggal.
6 Tes Operasi dan Pengaturan Waktu
Verifikasi operasi dan waktu ini terdiri dari beberapa fungsi yakni sebagai berikut.
Relay tegangan sumber normal dan sensor frekuensi, Urutan start mesin, Waktu tunda saat transfer, Relai sensor tegangan dan sensing frekuensi, Operasi transfer otomatis, Interlock dan fungsi limit switch, Penundaan waktu dan transfer ulang saat pemulihan daya normal, Fitur Engine cooling down dan shutdown.

Sebelum Memilih Genset Silent, Perhatikan Hal Berikut

Genset silent dibutuhkan di beberapa jenis penggunaan. Untuk mendukung penyelenggaraan sebuah acara dibutuhkan genset tipe silent. Sebab berisik itu mengganggu lingkungan Namun bedanya, jenis genset silent apa, itu mengikuti berapa kebutuhan pasok listriknya.
1. Perhelatan di restoran, cafe atau skala auditorium dengan kapasitas 100-150 orang cukup menggunakan genset silent portable tipe konvensional. Genset silent ini pasok daya listriknya 10 kVA atau setara dengan 8000 watt.
Dari kasat mata fisiknya tertutup cover plat besi 3 mili meter, dimensinya 170 cmx 55x 60 cm, jadi ini bukan tipe mini. Kapasitas tangki 25 liter. Dilengkapi silencer knalpot dan peredam suara. Berat genset sekitar 150 kg.
2. Gedung pertemuan berkapasitas 10.000 orang lebih, juga termasuk untuk acara konser musik akan membutuhkan pasok listrik sekitar 800.000 watt sampai 1,6 juta watt atau setara dengan 100 kva hingga 200 kva. Dibutuhkan jenis genset silent konvensional dengan inverter.

Kenapa harus dengan teknologi inverter? Dalam acara perhelatan besar termasuk konser musik, banyak perlengkapan elektronik digunakan. Teknologi inverter, daya posok listriknya stabil, sehingga melindungi perlengkapan elektronik dari kerusakan.

Genset konvensional biasa tidak dilengkapi teknologi inverter dan pasti merusak alat-alat elektronik yang digunakan di gedung pertemuan atau di lokasi konser music.

Ciri-cirinya bodi tertutup cover besi plat tebalnya 3 mili meter, ukuran besar, dilengkapi teknologi inverter agar daya pasok listriknya optimal tahan lama. Dilengkapi peredam khusus akustik, tidak mudah dipindahkan, namun jika tidak dipindahkan saat hujan tidak jadi masalah.

Bisa menggunakan energy dari bahan bakar bensin atau diesel, kapastas tangki 20-25 liter. Namun juga bisa menggunakan bahan bakar batterai. Berat genset kurang lebih 150 kg. Dimensinya 170 cmx 55x 60 cm, jadi ini bukan tipe genset silent mini.

Kedua tipe genset untuk acara ini umumnya memang bukan genset mini. Memang dilengkapi roda, namun tidak mudah memindahkannya. Prinsipnya, dianjurkan tipe silent dengan converter untuk melindungi alat elektronik dari naik turunnya tegangan yang tidak stabil.

Tagged : /

3 Jenis Genset Honda Yang Cocok Digunakan Dirumah Berserta Harga Genset Nya

Genset honda telah lama menjadi solusi untuk mengatasi masalah pemadaman listrik di masyarakat. Harga genset buatan honda cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang cukup baik.
Tidak heran bila banyak sekali yang memilih untuk membeli produk genset dari honda. Honda juga membuat mesin genset dengan material yang mempuni sehingga tidak sulit bagi penggunannya untuk merawatnya. Harga genset ini juga terjangkau.
Manfaat Genset Jika Dilihat dari Segi Ekonomi
Manfaat genset sendiri dikehidupan nyata jelas sebagai alat untuk pembangkit listrik saat PLN melakukan pemadaman listrik. Dengan kata lain genset memliki fungsi sebagai cadangan listrik.
Apalagi di zaman moderen sekarang, hampir semua alat alat dirumah menggunakan daya listrik. Mulai dari komputer, mesin cuci, kulkas, dan juga AC. Memiliki genset bisa menjadi pilihan yang baik.
3 Jenis Genset Honda Yang Cocok Digunakan Dirumah
Honda sendiri telah lama berkecimpung di dunia elektronik tidak terkecuali pembuatan mesin genset. Terdapat beberapa jenis mesin dan varian harga genset yang diproduksi oleh honda dipasaran.
Bila anda mencari mesin genset untuk pamakaian dirumah. Tenang saja dibawah ini terdapat 3 daftar jenis genset buatan honda yang cocok digunakan sebagai cadangan listrik rumah. barikut daftarnya :
1. Genset – EM10000
Yang pertama ada genset honda dengan nama EM1000, yang cocok untuk rumah tangga dan usaha kecil di rumah. Keunggulannya ialah terdapat kunci starter yang nayaman digunakan dan tingkat kebisingan mencapai 72db (A) pada radiasi 7m.’
Hal ini membuat mesin genset yang satu ini sangat ramah lingkungan dan mendapatkan gelar sebagai salah satu genset yang halus. Untuk harga genset ini mulai dari Rp.6 juta an.
2. Genset Honda EZ3000CX
Yang kedua ada produk honda dengan nama EZ3000CX. Dengan fitur Self-Exciting, 2 pole, Field rotating type membuatnnya sangat cocok digunakan di rumah untuk cadangan listirik
3. Genset EU30is
Terakhir ada genset honda dengan nama EU30is. Dilengkapi dengan fitur Ignition System Full Transistorized dan Starting System Recoil & Electric yang sangat ramah saat digunakan dirumah.
Demikian informasi mengenai harga genset dan jenis genset yang cocok digunakan dirumah. Pilihlah mesin genset dengan baik. Buatlah rumah menjadi lebih nyaman dengan adannya genset.

Tagged : /

Jangan Tertipu Harga Murah, Beli Genset yang Ori Biar Tidak Gampang Rusak!

Banyak orang yang tergiur dengan harga genset yang murah. Padahal, harga genset yang miring tersebut belum tentu terjamin kualitasnya.
Belum lagi, genset tersebut ternyata kw alias tidak asli. Maka dari itu kamu wajib mengetahui tips berikut ini supaya mendapatkan genset Tangerang yang bagus dan tentunya ori!
Saat ini ada banyak sekali produk genset yang ada di pasaran. Jika kamu tidak selektif dan juga teliti dalam membeli genset Tangerang tersebut maka bukan tidak mungkin apabila nantinya mendapatkan kualitas yang rendah.
Sebagai pembeli, mau tidak mau kamu harus cermat untuk mendapatkan genset Tangerang yang ori sehingga nantinya tidak gampang rusak. Bahkan, bukan tidak mungkin jika nantinya genset tersebut akan bertahan lama.
1. Ketahui Alasan Membeli Genset
Sebelum memutuskan untuk membeli genset Tangerang yang ori, maka kamu wajib mengetahui alasannya terlebih dahulu. Apabila genset tersebut digunakan untuk perabotan kantor yang membutuhkan daya listrik besar maka tidak ada salahnya untuk membelinya.
Sebab, kamu akan bingung jika perabotan kantor dengan daya listtik besar tersebut tiba-tiba mati. Bahkan, jika dibutuhkan dalam kondisi sangat urgent maka tentunya akan berantakan tanpa kehadiran genset.
2. Cek Kelengkapannya
Untuk mengetahui asli atau tidaknya, maka kamu wajib mengecek kelengkapan genset Tangerang yang akan kamu beli tersebut. Tentunya kelengkapan genset tersebut sangat penting untuk dicek karena menyangkut kualitasnya sendiri.
Pastikan ada ketersediaan alat penyambung listrik yang biasanya terletak di bagian dalamnya. Lalu, pastikan juga apakah genset tersebut menghasilkan suara bising atau tidak ketika dinyalakan.
3. Pilih Distributor Terpercaya
Tentunya distributor genset yang baik akan menyediakan sparepart alias suku cadang yang original pula. Tidak hanya itu saja, bahkan mereka akan memberikan jaminan suku cadang tersebut kepadamu.
Dengan kata lain, jika nantinya kamu mendapatkan kendala terkait genset yang dibeli tadi maka distributor tersebut akan membantumu. Sebagai distributor genset yang baik tentunya mereka akan menawarkan bantuan dan memberikan saran sesuai degan kebutuhanmu. Maka dari itu, kamu bisa memilih tempat distributor tersebut karena bisa dipercaya.

Tagged : /

Mau Genset Awet, Jangan Ragu Lakukan 4 Hal Ini

Sebenarnya awet tidaknya mesin generator set itu tergantung dari bagaimana perawatan yang dilakukan oleh para penggunanya. Apabila genset murah dirawat dengan baik dan digunakan sesuai dengan prosedur yang benar maka akan membuatnya menjadi lebih awet hingga bertahun-tahun lamanya. Oleh karenanya diperlukan berbagai macam treatment seperti berikut ini yaitu :
1. Rutin memeriksa sistem pembuangan pada genset
Pemeriksaan sistem pada genset murah dapat dilakukan dengan cara memeriksa bagian knalpot dan asap yang dikeluarkan. Pastikan jumlah asap yang dikeluarkan tidak berlebihan karena dikhawatirkan ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor atau juga kualitas dari udara sehingga bisa mempercepat kemungkinan kerusakan. Apabila terjadi hal tersebut segera perbaiki.
2. Melakukan perawatan pada sistem pelumasan
Periksalah pada tingkatan level oli mesin saat dimatikan pada interval tertentu. Jagalah level oli pada genset murah sedekat mungkin dalam keadaan full. Matikanlah mesin dan tunggulah hingga kurang lebih 10 menit untuk bisa membaca bagaimana kondisinya dengan akurat. Ini bertujuan untuk bisa memastikan bahwa oli pada bagian atas mesin genset bisa mengalir ke dalam dengan baik. Selain itu juga untuk menghindari kerusakan lingkungan, oli dan juga adanya filter bekas baru yang dibuang.

3. Perawatan sistem pendingin genset
Perawatan sistem pendingin pada genset murah harus benar-benar dilakukan dengan sangat hati-hati. Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada bagian sirip pendingin. Anda bisa menggunakan konferensi udara bertekanan rendah atau dengan cara mengalirkan air ke arah yang berlawanan dari aliran normal radiator untuk membersihkan bagian tersebut. Perawatan ini dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin yang terdapat di dalam genset.
4. Mengganti sparepart secara berkala
Pergantian sparepart pada genset murah menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan apabila genset tersebut sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Anda bisa melihat buku panduan untuk mengetahui apakah komponen genset tersebut harus diperbaiki dan kapan waktu untuk melakukan pergantian. Anda juga dapat langsung mendatangi perusahaan tempat Anda membeli genset tersebut untuk melakukan pengecekan mesin.

Tagged : /

Cara Kerja Panel AMF ATS untuk Mengontrol Listrik

Panel AMF ATS adalah panel control listrik yang mempunyai fungsi untuk mengontrol sumber daya listrik yang biasanya digunakan untuk mengaliri listrik pada peralatan mesin. Panel AMF ATS mempunyai dua jenis yaitu jenis manual dan otomatis. Jenis manual biasa digunakan untuk proses inisiasi listrik. Sedangkan untuk jenis otomatis digunakan pada saat mengontrol listrik dan mendeteksi apakah terjadi gangguan pada listrik. Panel ini yang mempunyai fungsi untuk menjaga mesin di pabrik agar tidak mati secara mendadak. Dengan adanya panel AMF dan ATS, maka sumber arus listrik dari sumber utama dan sumber cadangan dapat terjaga dengan stabil.

Bagaimana cara kerja panel AMF ATS ? Panel ini mempunyai kontaktor yang berfungsi untuk membuka dan menutup jalur listrik dari sumber utama dan sumber cadangan yaitu genset. Panel ini juga mempunyai rangkaian pengukur dimana fungsi dari rangkaian tersebut akan mendeteksi tegangan listrik dari sumber listrik utama dan cadangan. Terdapat pula rangkaian suplai baterai dimana rangkaian ini berfungsi untuk sumber listrik pada kontaktor yang digunakan panel. Rangkaian baterai akan melakukan pertukran sumber daya listrik secara manual. Anda bisa memilih sumber daya dari sumber listrik utama maupun genset.

Fungsi manual yang ada pada panel AMF ATS adalah pada inisiasi awal untuk fungsi yang hendak dipilih. Misalnya Anda akan menggunakan kontaktor, maka fungsi manual ini akan menginisiasikan fungsi kontaktor agar bisa digunakan dengan baik. Fungsi otomatis digunakan pada mekanisme transfer. Namun jika terjadi gangguan pada mekanisme ini, maka fungsi manual dapat digunakan sehingga tidak bermasalah lagi. Namun untuk fungsi manual hanya boleh menggunakan satu sumber listrik saja, tidak boleh dua sumber (sumber utama dan sumber cadangan). Sedangkan fungsi otomatis pada panel ini bertujuan untuk memonitor, mengontrol, mendeteksi, dan melindungi aliran listrik secara otomatis. Panel akan deprogram terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan sumber yang tersedia, panel AMF ATS akan mengambil tindakan yang sesuai dengan program untuk melakukan fungsi panel pada umumnya. Tentunya menggunakan fungsi otomatis akan lebih mudah bagi orang awan.

Cara Berhemat Genset Bensin Agar Tidak Boros

Genset yang merupakan mesin untuk mengalirkan daya listrik adalah suatu barang yang menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Genset akan menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin untuk pengoperasiannya. Karena itulah Anda harus bijak dalam menggunakan genset bensin jika tidak ingin boros bahan bakarnya. Mengingat bahwa harga bensin menjadi naik setiap tahunnya seiring dengan naiknya harga minyak dunia. Tentu sangat penting bagi pengguna genset untuk menyediakan dana lebih guna keperluan membeli bensin untuk genset. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk berhemat bensin pada saat menggunakan genset.

Cara pertama dalam merawat genset bensin agar Anda tidak boros bahan bakar adalah dengan merawat genset dengan baik. Sebenarnya merawat genset bukan hanya demi tujuan menghemat bensin, namun supaya genset dapat digunakan untuk waktu yang lama. Jika Anda hendak membeli genset, pastikan Anda membeli genset dengan garansi agar penjual genset dapat bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada genset Anda. Pastikan genset yang Anda beli juga menyediakan suku cadang yang dappat dengan mudah ditemukan di sekitar Anda. jika Anda menyewa genset, pastikan jasa sewa tersebut menyediakan teknisi yang cakap. Dengan perawatan yang baik, maka genset bensin dapat digunakan dengan baik dan tentunya dapat menghemat bensin pula.

Cara kedua untuk berhemat bahan bakar pada genset bensin adalah dengan memeriksa kualitas BBM yang digunakan. Ada sebagian orang yang menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas rendah seperti minyak tanah atau oplosan solar agar bisa berhemat bahan bakar untuk genset. Ada pula yang menggunakan bahan bakar yang dicampur dengan air atau yang sudah kotor. Jika Anda menggunakan bahan bakar seperti itu juga, maka tidak heran jika genset akan cepat rusak dan boros bahan bakar. Gunakan bensin murni agar bahan bakar yang digunakan tidak boros dan tidak membuat mesin genset menjadi rusak. Anda juga bisa menggunakan cetane number yang merupakan alat khusus untuk menguji apakah bahan bakar yang digunakan untuk genset bensin Anda sudah murni atau belum.

Tagged : /