3 Tips Jitu Merawat Genset Honda Kesayangan Agar Performa Tetap Terjaga

Membeli genset Honda yang sudah dikenal akan kualitasnya merupakan sebuah impian. Namun akan menjadi hal yang sia sia jika sang pemilik tidak memberikan perawatan rutin. Sebab, produk berkualitas tinggi sekalipun tentu membutuhkan perawatan tetap agar performanya terjaga. Berikut beberapa tips jitu menjaga performa mesinnya tetap awet digunakan.

Tips Merawat Generator Set Kesayangan

1. Memperhatikan Lokasi Penyimpanan Genset

Layaknya barang elektronik pada umumnya, genset Honda juga memiliki resiko kerusakan apabila sang pemiliknya tidak memperhatikan produknya dengan baik. Tidak perlu melakukan hal muluk, karena Anda bisa memulainya dengan mengetahui lokasi tepat untuk menyimpannya. Agar tidak mudah rusak, sebaiknya letakkan di lokasi yang tidak terendam air.

Hal ini dikarenakan air, merupakan medan penghantar listrik yang baik sehingga akan sangat membahayakan keselamatan orang di sekitarnya. Anda juga tidak boleh letakkan genset di sebuah ruangan kedap udara. Sebab mesin pembangkit listrik ini akan menghasilkan karbon monoksida yang bersifat racun apabila terhirup oleh manusia.

Selain itu, cobalah untuk meletakkan genset di permukaan yang datar dan rata. Sebab mesin akan menghasilkan getaran ketika dioperasikan. Kerasnya getaran yang dihasilkan dapat membantunya bergerak ke sembarang arah. Tentu saja hal ini akan sangat membahayakan apabila genset Honda terjatuh atau terjadi korsleting akibat posisinya yang berubah drastis.

2. Nonaktifkan Mesin Ketika Menemukan Hal Janggal

Generator Set

Apakah Anda menemukan kejanggalan pada mesinnya? Sebaiknya segera nonaktifkan mesinnya segera untuk mencegah adanya kerusakan lebih parah. Cara ini juga dapat menekan resiko berbahaya bagi diri Anda sendiri yang berada dekat dengan alat tersebut. Sebab, ada kemungkinan hal janggal tersebut merupakan pertanda adanya kerusakan pada mesinnya.

3. Mengganti Spare Part yang Rusak atau Usang

Mengganti spare part yang sudah rusak ataupun usang termasuk kewajiban setiap pemiliknya. Mengganti spare part genset Honda, membantu genset beroperasi optimal seperti baru. Cara ini juga membantu menekan resiko kerusakan pada komponen lainnya akibat terlalu memaksakan spare part kurang layak tetap digunakan.

Jangan pernah sepelekan pentingnya merawat genset kesayangan. Meski jarang digunakan, nyatanya mesinnya lebih cepat rusak apabila tidak diimbangi dengan perawatan rutin. Cukup dengan mengganti spare part yang rusak, nonaktifkan mesin ketika ditemukan hal mengganjal, hingga memperhatikan lokasi penyimpanan wajib dilakukan.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *