Fungsi AVR Generator Secara Umum Yang Wajib Diketahui

 

Kata AVR generator terbaik atau biasa disebut juga dengan AVR genset belakangan sedang banyak menjadi topik pembicaraan di berbagai kalangan, terutama di kalangan para pengguna genset. Pasalnya benda yang satu itu memang amat sangat erat kaitannya dengan genset, bahkan menjadi suatu bagian penting yang sekarang ini hampir selalu ada pada genset. Hampir bisa dipastikan setiap genset keluaran baru yang dikeluarkan oleh brand alias merk genset ternama pastilah sudah menyertakan AVR genset di dalam unit genset buatan mereka.

Meskipun telah banyak diangkat dalam berbagai perbincangan, entah mengapa masih banyak saja yang belum begitu paham tentang fungsi dari AVR generator terbaik secara umum. Kebanyakan hanya tahu bahwa AVR bisa menstabilkan saja, tetapi apa yang distabilkan olehnya jsutru tidak diketahui.

Karena itulah artikel ini hadir guna memberikan informasi terkait fungsi AVR generator secara umum. Dikatakan bahwa secara umum fungsi dari AVR genset ada 3 poin utama yang saling terhubung. Adapun tiga hal pokok yang dianggap sebagai fungsi utama suatu AVR genset yaitu sebagai berikut.

  1. Pengatur tegangan keluar

Fungsi yang pertama dari AVR genset adalah sebagai alat yang dijadikan pengatur tegangan keluar alias output voltage. Fungsi yang satu ini juga yang menyebabkan AVR genset disebut sebagai alternator.

  1. Pengatur tegangan jatuh

Fungsi yang kedua dari AVR generator alias AVR genset adalah sebagai alat yang dijadikan pengatur tegangan jatuh alias drop voltage. Tetapi fungsi yang satu ini hanya berlaku pada AVR genset yang ditempatkan pada genset yang dijalankan paralel alias synchronous genset.

  1. Pengatur tegangan lebih

Terakhir yaitu sebagai alat yang mengatur tegangan lebih alias over voltage yang terjadi pada genset. Pada fungsi ini tampak jelas bahwa AVR genset dapat dijadikan alat pengaman, pasalnya tegangan berlebih jelas bukan hal yang baik jika terjadi.

Itulah beberapa fungsi secara umum atau secara garis besar dari suatu alat bernama AVR generator. Semoga dengan pembahasan barusan, pemahaman mengenai fungsi dari AVR genset dapat lebih luas dipahami oleh masyarakat kita. Baik yang sudah menggunakan genset dengan AVR genset di dalamnya maupun yang belum.

 

 

Tagged : /